Senin, 11 Maret 2019

Kucumbu Tubuh Indahku (2019)


KUCUMBU TUBUH INDAHKU atau berjudul MEMORIES OF MY BODY ini, adalah sebua film drama terbaru 2019 asal Indonesia. Film Kucumbu Tubuh Indahku ini akan bercerita tentang perjalanan hidup dari Juno (diperankan oleh Muhammad Khan) sejak dirinya masih kecil hingga dewasa. Dirinya menjadi seorang penari di salah satu desa di pulau Jawa, yang juga dikenal sebagai desa penari lengger lanang, yaitu sebuah tarian perempuan yang dibawakan oleh penari laki-laki. Film ini merupakan arahan dari sutradara film bernama Garin Nugroho, yang juga merangkap menjadi penulis naskah skenario filmnya. Film ini diproduseri oleh Ifa Isfansyah. Film ini telah tayang perdana di Italia pada tanggal 6 September 2018 dalam acara Venice Film Festival.


Kucumbu Tubuh Indahku Movie ini, diproduksi oleh Rumah Produksi Film fourcolours films, Go-Studio, dan didistributori oleh Distributor Film Asian Shadows. Film ini akan mulai tayang di Indonesia Mulai tanggal 18 April 2019, dengan panjang durasi sekitar 1 jam 46 menit. Film ini dibintangi oleh Muhammad Khan berperan sebagai Juno, Raditya Evandra berperan sebagai Juno kecil, Rianto berperan sebagai Penari, Sujiwo Tejo berperan sebagai Guru lengger, Teuku Rifnu Wikana berperan sebagai Bupati, Quin Dorothea berperan sebagai Istri bupati, Endah Laras berperan sebagai Bulik Juno, Mbok Tun berperan sebagai Pengurus lengger, Randy Pangalila berperan sebagai Petinju, Whani Dharmawan berperan sebagai Warok, Cahwati berperan sebagai Pesinden bupati, Fajar Suharno berperan sebagai Pakde Juno, Dwi Windarti berperan sebagai Guru tari, dan Anneke Fitriani berperan sebagai Asisten bu bupati.

Kucumbu Tubuh Indahku, Film Kucumbu Tubuh Indahku, Sinopsis Kucumbu Tubuh Indahku, Trailer Kucumbu Tubuh Indahku, Review Kucumbu Tubuh Indahku, Download Poster Kucumbu Tubuh Indahku

Sinopsis Kucumbu Tubuh Indahku

Film ini akan menceritakan tentang perjalanan hidup dari Juno (diperankan oleh Muhammad Khan) sejak dirinya masih kecil hingga dewasa. Dirinya menjadi seorang penari di salah satu desa di pulau Jawa, yang juga dikenal sebagai desa penari lengger lanang, yaitu sebuah tarian perempuan yang dibawakan oleh penari laki-laki.

Kehidupan dari Juno kecil merupakan sebuah kehidupan untuk peleburan tubuh yang maskulin dan feminin. Yang mana hal itu terbentuk alami oleh kehidupan desa serta keluarganya. Perjalanan hidup yang dialaminya selanjutnya, yaitu perjalanan hidup yang penuh dengan trauma dan juga kekerasan tubuh.

Trauma dari kekerasan politik yang dialami oleh ayahnya, membuat Juno hidup sendiri. Kehidupan semasa kecilnya serba sendiri, di desa yang sangat miskin, yang kemudian menjadikan dirinya menjadi ibu dan juga bapak untuk kehidupannya. Dirinya banyak melihat kekerasan muncul di sekitarnya.

Trauma pertamanya dialami ketika dirinya masuk ke dalam group tari lengger di desanya. Kekerasan yang dialaminya tersebut menjadikan tubuhnya harus mau ikut berpindah dari desa satu menuju ke desa lainnya. Perpindahan itu menjadikan Juno bertemu dengan berbagai macam sosok manusia, dari maestro penari Reog hingga petinju. Semua itu menjadikan tubuhnya mengalami berbagai macam trauma kekerasan, dari kekerasan politik hingga trauma sosial. Seperti apakah kisah lengkapnya?

BACA JUGA: Sinopsis Film Mantan Manten (2019)

Detail Film Kucumbu Tubuh Indahku (Crew)

Genre / Jenis Film: Drama
Sutradara Film: Garin Nugroho
Rumah Produksi Film: fourcolours films, Go-Studio
Distributor Film: Asian Shadows
Penulis Naskah skenario / Novel Film: Garin Nugroho
Produser Film: Ifa Isfansyah
MPAA: 17 +
Tanggal Rilis / Tayang Film: 18 April 2019 (Indonesia)
Durasi Film: 1 jam 46 menit
Negara asal Film: Indonesia
Bahasa Film: Indonesia

Pemain Film Kucumbu Tubuh Indahku (Cast)

Muhammad Khan berperan sebagai Juno
Raditya Evandra berperan sebagai Juno kecil
Rianto berperan sebagai Penari
Sujiwo Tejo berperan sebagai Guru lengger
Teuku Rifnu Wikana berperan sebagai Bupati
Quin Dorothea berperan sebagai Istri bupati
Endah Laras berperan sebagai Bulik Juno
Mbok Tun berperan sebagai Pengurus lengger
Randy Pangalila berperan sebagai Petinju
Whani Dharmawan berperan sebagai Warok
Cahwati berperan sebagai Pesinden bupati
Fajar Suharno berperan sebagai Pakde Juno
Dwi Windarti berperan sebagai Guru tari
Anneke Fitriani berperan sebagai Asisten bu bupati

Trailer Film Kucumbu Tubuh Indahku